Senin, 29 Desember 2014

Lebaran di Indonesia dan Gaza

Kumandang takbir bergema diseluruh pelosok tanah air Indonesia dan seluruh umat Muslim di dunia ini. Uforia kemenangan sangat meriah dirayakan oleh segenap umat Muslim karena telah lulus melewati ujian yang dilaksanakan selama satu bulan penuh. Masjid Mushalla dan pawai obor maupun kegiatan- kegiatan lainnya mewarnai malam takbir. Mercon, kembang api atau yang sejenisnya membuat semarak pesta lebaran di negeri ini.
Ingatkah bahwa saudara kita, umat Muslim Palestina yang berada di jalur Gaza merayakan hari raya dengan ke kekhawatiran akan datang mercon besar yang dapat menghancurkan rumah – rumah mereka bahkan dapat menghilangkan nyawa mereka.
Seperti yang dijelaskan dalam Surat An – Nashr sebagai berikut:
#sŒÎ) uä!$y_ ãóÁtR «!$# ßx÷Gxÿø9$#ur ÇÊÈ |M÷ƒr&uur }¨$¨Y9$# šcqè=ä{ôtƒ Îû Ç`ƒÏŠ «!$# %[`#uqøùr& ÇËÈ ôxÎm7|¡sù ÏôJpt¿2 y7În/u çnöÏÿøótGó$#ur 4 ¼çm¯RÎ) tb%Ÿ2 $R/#§qs? ÇÌÈ
1.  Apabila Telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,
2.  Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,
3.  Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya dia adalah Maha Penerima taubat.

            Surat diatas menjelaskan bahwa pertolongan Allah SWT bagi sangat nyata, seperti telah dikisahkan pada pembebasan Makkah yang dilakukan okeh Rasulullah SAW beserta para sahabat dan umatnya. Peristiwa pembebasan Makkah ini merupakan titik balik kebangkitan umat Islam, seperti yang digambarkan pada Surat An- Nashr diatas.
            Pada pembukaan UUD NRI 1945 alenia 1 juga dijelaskan “bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.” Teks pembukaan UUD diatas menjelaskan bahwa kemerdekaan itu merupakan hak segala bangsa diatas dunia ini, setiap bangsa diatas dunia harus perjuangkan oleh seluruh bangsa dan bantuan bangsa lain. Pemerintah Indonesia sebagai pemegang kebijakan seharusnya mampu berbicara banyak dalam permasalahan Gaza.

            Rakyat Indonesia merayakan Hari Raya dengan meriah, pesta dimana mana, baju baru. Saudara se Iman kita di sudut bumi sana merayakan hari Raya dengan Bom, Mortir, dan kekhawatiran akan kehilangan saudara – saudara mereka. 

Hari Raya Idul Fitri dan Silaturrahmi

Kebersamaan adalah hal terindah yang dimiliki oleh setiap insane didunia ini. Sebagai makhluk social, manusia membutuhkan manusia lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Suasana hari raya Idul Fitri ini dimanfaatkan oleh hampir seluruh umat Muslim diseluruh dunia. Hari raya dirayakan dengan meriah. Kue lebaran segala macam bentuk dan cita rasa, baju baru,  hidangan khas lebaran, dan segala macam pernak pernik lainnya seakan selalu menghiasi lebaran pada tiap tahunnya.
Di Indonesia, selain pernak pernik diatas, juga berlaku tradisi mudik, karena mayoritas penduduknya adalah perantau. Warga Suku Jawa, Suku Minangkabau, Batak, dan Bugis adalah sebagian besar penduduk yang melaksanakan mudik tiap tahunnya dari kota – kota merantau ke kampung – kampung asalnya.
Hal – hal diatas tidak dapat dilepaskan dari lebaran tiap tahunnya. Kekeluargaan yang terjalin masih sangat erat pada setiap penduduk di Indonesia daripada yang terjadi pada bangsa barat. Silahturahmi antar keluarga dan sesama menjadi sangatlah penting bagi bangsa Indonesia. Dapat dilihat pada perayaan lebaran di kampung – kampung sangat meriah, saling mengunjungi dan bercanda ria menunjukkan keakraban yang amat sangat.
            Al Qur’an surat Ar- Ra’d ayat 21 menjelaskan sebagai berikut:
tûïÏ%©!$#ur tbqè=ÅÁtƒ !$tB ttBr& ª!$# ÿ¾ÏmÎ/ br& Ÿ@|¹qムšcöqt±øƒsur öNåk®5u tbqèù$sƒsur uäþqß É>$|¡Ïtø:$# ÇËÊÈ
21.  Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan[771], dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.           
[771]  yaitu mengadakan hubungan silaturahim dan tali persaudaraan.
                Ayat diatas menjelaskan bahwa sesungguhnya silaturrahmi itu merupakan penghubung bagi seluruh insane Allah SWT. Allah SWT menciptakan banyak suku dan ras bertujuan supaya saling menjalin silaturrahmi sebagai wujud cintanya terhadap seluruh ciptaan Allah SWT.

            Silaturrahmi pada hari raya Idul Fitri merupakan bentuk cintanya manusia kepada sesamanya. Namun, momentum hari raya janganlah hanya tradisi belaka. Momentum hari raya sebaiknya merupakan sarana memperbaiki hubungan silaturrahmi antar sesama dan umat Islam diseluruh jagat raya ini. Jika telah timbul rasa cinta antar sesama, semoga umat Islam di sejuruh jagat tidak terdapat perpecahan dan mampu melawan permasalahan – permasalahan umat dewasa ini. 

Sabtu, 09 Agustus 2014

DINAMIKA PERDAGANGAN KOMODITI KARET INDONESIA DI PASAR DUNIA

oleh: M Nasir

I.      PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Globalisasi dalam proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek - aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur  transportasi  dan  telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan factor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.
Suatu fenomena yang dalam terakhir ini berkembang pesat mengikuti pesatnya laju globalisasi ekonomi dunia adalah munculnya blok-blok ekonomi dan perdagangan regional disejumlah wilayah di dunia. Di dalam literature perdagangan / ekonomi internasioanal, fenomena ini disebut sebagai regionalism, yakni pembentukan integrasi-integrasi ekonomi regional seperti ASEAN di Asia Tenggara, Uni Eropa (UE) di Eropa, dan NAFTA di Amerika Utara. Bentuk  dari integrasi-integrasi ekonomi regional yang ada bervariasi, mulai dari yang sangat sederhana atau yang masih pada tahap awal dari pembentukan suatu integrasi ekonomi regional, yakni sejumlah negara membuat kesepakatan-kesepakatan bersama untuk meningkatkan perdagangan antarmereka (preferential trading arrangement; PTA) yang bersifat tidak mengikat atau sukarela seperti APEC (Asia Pacific Economic Co-operation) hingga pembentukan organisasi resmi dengan segala macam kesepakatan yang sifatnya mengikat, seperti ASEAN dan UE. (Hawarnita: 2013).
Produksi karet Indonesia meningkat secara perlahan dari 2.440.347 ton di tahun 2009 menjadi 2.990.184 ton pada 2011. Kemudian terus meningkat di tahun 2012 sebesar 3.040.376 dan diperkirakan pada tahun 2013 sebesar 3.100.000 ton. Produksi karet Indonesia masih didominasi oleh karet rakyat dengan luasan terbesar di Indonesia yang diusahakan oleh jutaan petani kecil-kecil (small farm) dan memberikan kontribusi besar dalam menghasilkan devisa negara. (Marieska Harya : 2013)
 Indonesia menghasilkan 2,55 juta ton karet alam pada tahun 2007 setelah Thailand dengan produksi karet alam sebesar 2,97 juta ton. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara pengeskpor kedua karet alam terbesar di dunia, tapi kondisi ini tidak membuat ekspor karet alam Indonesia bebas dari masalah. Ekspor karet alam Indonesia masih mengalami beberapa kendala seperti harga karet alam yang fluktuatif, produktifitas yang rendah, faktor minyak mentah dunia, ketidakstabilan nilai tukar serta kondisi perekonomian dunia mempengaruhi volume ekspor karet alam Indonesia. (Julivanto: 2009)

2.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diambil oleh penulis adalah sebagai berikut:
-          Apakah fenomena – fenomena yang dihadapi komoditas karet Indonesia di pasaran dunia?
-          Bagaimana cara mengatasi dan mengembangkan daya saing dalam persaingan perdagangan karet di pasaran dunia?
2.3. Manfaat dan Tujuan
Adapun manfaat dan tujuan yang ingin penulis dapatkan dari tulisan ini adalah sebagai berikut:
-          Mengetahui fenomena – fenomena yang dihadapi komoditas karet di pasaran dunia
-          Pengembangan daya saing karet di pasaran dunia diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi sector pertanian khususnya karet dan yang berhubungan langsung maupun yang tidak langsung.


II.   PEMBAHASAN

2.1.         Fenomena Komoditas Karet Indonesia di Pasaran Dunia
Jumlah konsumsi karet dunia dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan, jika pada tahun 2009 konsumsi karet dunia sebesar 9,277 juta ton, untuk tahun 2010 naik menjadi 10,664 juta ton. Sementara produksi karet mentah dunia hanya mampu memberikan sebanyak 10,219 juta ton pada tahun 2010 naik dibandingkan dengan tahun 2009 yang sebesar 9,702 juta ton karet alam atau minus sekitar 445.000 ton. Harga karet di pasar dunia tersebut dipengaruhi oleh tingginya permintaan terhadap komoditas tersebut dari negara-negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat seperti China, India, dan Asia Pasifik.
Berdasarkan data Biro Pusat Statistik bahwa untuk luas areal karet Indonesia sebagai yang terbesar di dunia dengan luas 3,4 juta hektar, diikuti Thailand seluas 2,6 juta hektar dan Malaysia 1,02 juta hektar. Meski memiliki lahan terluas, produksi karet Indonesia tercatat sebesar 2,4 juta ton atau di bawah produksi Thailand yang mencapai 3,1 juta ton, sedangkan produksi karet Malaysia mencapai 951 ribu ton. Untuk mutu bahan olah karet rakyat (bokar) sangat menentukan daya saing karet alam Indonesia di pasar International. Dengan mutu bokar yang baik akan terjamin permintaan pasar jangkan panjang. Mutu bokar yang baik dicerminkan oleh Kadar Kering Karet (KKK) dan tingkat kebersihan yang tinggi. Upaya perbaikan mutu bokar harus dimulai sejak penanganan lateks di kebun sampai dengan tahap pengolahan akhir.
Indonesia pada tahun 2010 hanya mampu memberikan kontribusi untuk kebutuhan karet dunia sebanyak 2,41 juta ton karet alam atau urutan kedua setelah Thailand yang sebesar 3,25 juta ton. Menurut data Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (GAPKINDO), untuk tahun 2011 produksi karet alam dunia diasumsikan hanya berkisar 10,970 juta ton sementara untuk konsumsi diperkirakan mencapai 11,151 juta ton sehingga terjadi kekurangan pasokan atau minus sekitar 181.000 ton. Kurangnya produk karet alam dunia di tahun 2011 salah satunya di karenakan terganggunya produksi karet di beberapa negara seperti Australia, hujan deras yang disebabkan oleh lamina yang juga menyebabkan banjir di negara tersebut telah mengganggu proses penyadapan karet. Kemudian di Thailand asosiasi natural rubber producing countries di Thailand memperkirakan produk karet alam pada musim dingin yang berlangsung mulai Febuari-Mei berdampak pada menurunnya produk karet hingga 50 persen. Dengan adanya asumsi tersebut, dipastikan Indonesia berpeluang besar untuk memasok karet alam hasil produk Indonesia ke luar negeri/ekspor dan tentunya dengan catatan untuk produk karet Indonesia agar lebih ditingkatkan. Untuk tahun 2010 ekspor karet Indonesia sebesar 1,9 juta ton. Diperkirakan untuk targetnya tahun ini ekspor karet bisa naik hingga 10%.
Namun, Indonesia tidak serta dapat meraup keuntungan dari karena perkembangan produksi karet yang tidak signifikan. Hal ini terjadi karena masalah- masalah sebagai berikut:
-          Produktifitas karet di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan Thailand, dan Malaysia
-          Produktifitas yang rendah masih dibarengi dengan mutu yang rendah akibat petani tidak mengusahakan karet secara optimal
-          Indonesia tidak memiliki pelabuhan besar yang dapat mengekspor langsung ke negara tujuan, sehingga untuk ekspor harus melalui Singapura
2.2.Pengembangan Daya Saing Karet Indonesia di Pasar Dunia
Pengembangan karet di pasar dunia mutlak harus dilaksananakan dan dilakukan secara berkelanjutan. Berbagai cara yang dilakukan untuk mengembangkan daya saing karet Indonesia antara lain dengan cara:
-          Meningkatkan mutu bahan olah karet (bokar)
Mutu bahan olah karet rakyat (bokar) sangat menentukan daya saing karet alam Indonesia di pasar International. Dengan mutu bokar yang baik akan terjamin permintaan pasar jangkan panjang. Mutu bokar yang baik dicerminkan oleh Kadar Kering Karet (KKK) dan tingkat kebersihan yang tinggi. Upaya perbaikan mutu bokar harus dimulai sejak penanganan lateks di kebun sampai dengan tahap pengolahan akhir.


-          Penciptaan iklim investasi kondusif
Iklim investasi yang kondusif dengan pemberian kemudahan dalam proses perijinan, pembebasan pajak selama tanaman atau pabrik belum berproduksi, pemberian rangsangan kepada pengusaha untuk menghasilkan end product bernilai tambah tinggi yang non-ban, yang prospek pasarnya di dalam negeri cerah, adanya kepastian hukum dan keamanan baik untuk usaha maupun lahan bagi perkebunan, dan penghapusan berbagai pungutan dan beban yang memberatkan iklim usaha.
-          Pengembangan sarana dan prasarana yang mendukung
Sarana dan prasarana yang mendukung terutama transportasi akan sangat menunjang bagi pengembangan karet terutama untuk ekspor. Sarana ekspor terutama pelabuhan besar yang dapat mengimbangi Singapura. Pelabuhan ini akan dapat melaksanakan ekspor langsung ke negara pengimpor tanpa melalui Singapura terlebih dahulu.
III.             PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Karet Indonesia dalam persaingannya di pasar dunia masih perlu dan dapat dikembangkan kembali. Namun, dalam pelaksanaannya komoditi karet Indonesia masih kalah saing dengan karet Malaysia dan Thailand. Untuk itu diperlukan perbaikan diberbagai sector, baik sector on farm maupun sector in farm.
Pengembangan daya saing karet Indonesia dilaksanakan dengan cara meningkatkan mutu karet baik bokar dan tanaman. Segi sarana dan prasarana penunjang terutama jalan dan pelabuhan yang mampu bersaing dengan negara tetangga.
DAFTAR PUSTAKA
Vagha, Julivanto. 2009. Dinamika ekspor karet alam Indonesia. Diakses 1 juni 2014 diunduh dari http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/15460
Hamawita. 2013. Usaha Indonesia menghadapi perdagangan. Diakses 1 juni 2014 diunduh dari http://hawamita.blogspot.com

Mariezka. 2013. produksi karet Indonesia sampai 31 juta ton. Diakses 1 juni 2014. Diunduh dari http://economy.okezone.com

Interaksi Manusia dan Lingkungan

oleh: Ahmad Mubarok
          
  Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki kecerdasan baik secara emosional maupun spiritual yang mampu mengelola dan mengolah segala sesuatu yang terdapat dalam lingkungan hidup menjadi sesuatu yang mampu menyokong kehidupannya. Manusia dan lingkungan tidak dapat dipisahkan.
Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya, tentang tatanan nilai-nilai, peradaban, kebudayaan, lingkungan, sumber alam, dan segala aspek yang menyangkut manusia atau lingkungannya secara menyeluruh.
            Manusia adalah makhluk ciptaan Allah dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, dan kematian. Semua terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positif maupun negatif. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita ingin makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan. Lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.
            Lingkungan hidup merupakan komponen penting dari kehidupan manusia begitu pula sebaliknya kehidupan manusia memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan makhluk hidup. Contoh sederhana bisa diberikan untuk menggambarkan interaksi timbal balik antara manusia dan lingkungan hidup. Agar bisa bertahan hidup manusia membutuhkan makanan dan minuman. Dalam memebuhi kebutuhan itu manusia memanfaatkan bagian-bagian lingkungan hidup seperti hewan, tumbuhan, air, udara, sinar matahari, kayu, barang-barang tambang dan lain sebagainya. Komponen-komponen lingkungan hidup itu merupakan sumber mutlak manusia untuk mempertahankan atau meneruskan kehidupannya. Begitu pentingnya interaksi antara manusia dengan lingkungan hidupnya dapat digambarkan dalam pernyataan bahwa hanya dalam lingkungan hidup yang optimal, manusia dapat berkembang dengan baik, dan hanya dengan manusia yang baik lingkungan akan berkembang ke arah yang optimal.
            Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung. Jika seseorang melakukan sesuatu pada lingkungannya, misalnya mencangkul maka telah terjadi interaksi antara manusia dengan tanah yang dicangkul, demikian pula terhadap makhluk-makhluk hidup yang berada di sekitar tanah yang di cangkul seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, cacing, ulat, dan binatang mikroba lainnya serta terhadap suhu udara di sekitarnya. Proses ini disebut ekosistem, yaitu suatu interaksi timbal balik antara makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya sebagai satu kesatuan dalam wujud yang teratur. Ekosistem tidak hanya merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungannya, tetapi juga antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Antara binatang dengan binatang lain, dengan tumbuh-tumbuhan dan lingkungan sekitarnya.
            Manusia dengan kemampuan ilmu bisa membuat perubahan-perubahan, baik kecil maupun besar pada lingkungannya. Perubahan-perubahan itu terutama terjadi karena meningkatnya kebutuhan hidup manusia yang mengakibatkan interaksi antara manusia dan lingkungannya semakin intensif, misalnya dalam penggalian sumber alam, pengelolaan dan penggunaan sumber alam. Dengan demikian, peranan manusia sangat berpengaruh terhadap kondisi struktur dan sifat fungsional ekosistem.
            Manusia sebagai objek lingkungan berarti manusia dikendalikan oleh lingkungan. Manusia tunduk kepada lingkungan, karena manusia dikendalikan oleh lingkungan. Segala sesuatu yang terjadi pada lingkungan akan berdampak pada kehidupan manusia. Lingkungan yang buruk akan membentuk kehidupan manusia yang buruk, dan lingkungan yang baik akan membentuk kehidupan manusia yang baik.

            Manusia sebagai subjek lingkungan berarti manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan lingkungan, memanipulasi dan mengeksploitasi lingkungan. Manusia mampu merombak, memperbaiki dan mengkondisikan lingkungan seperti yang dikehendakinya.